Fakultas Pertanian UNPAB Selenggelarakan Seminar Nasional dengan tema Sukses Berinvestasi Tanaman Aren Di Indonesia sekaligus Penandatanganan Mou Bersama PT Arie Tour And Travel

Medan, UNPAB- Fakultas Pertanian Program Studi Agroekoteknologi Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan, menggelar Seminar Nasional dengan tema “ Sukses Berinvestasi Tanaman Aren Di Indonesia”, di gedung M313 Universitas Pembangunan Panca Budi Medan di mulai pada pukul 09:30. (Medan, 17/12/16)

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah karena Aren atau  enau (Arega Pinmata), adalah golongan palma terpenting setelah kelapa, karena merupakan tanaman serba guna (multi propose trees). Tumbuhan ini diketahui dapat berperan sebagai pohon penghasil  pangan yang dihasilkan nya berupa nira, gula aren (bongkahan dan gula semut), serta kolang kaling dan sagu.

Dari nira aren dapat diproduksi bioetanol (bahan bakar alternative pengganti  premium dan pertamax). Selain itu, pohon aren juga merupakan pohon konservasi. Pelepah dan akar pohon aren dapat menahan dan menyimpan air hujan dalam jumlah banyak. Akar serabutnya yang padat dan kuat dapat merekat kuat bahan tanah sehingga, terjaga dari erosi  dan longsor. Kemampuannya dalam menyerap CO2 dalam jumlah banyak, mendukung mitigasi gas rumah kaca sehingga dapat menekan pemanasan global.

Seminar diawali dengan penandatangan MoU atau kontrak kerjasama antara UNPAB dan PT.Arie Tour dan Travel, penandatanganan di lakukan oleh Dekan Fakultas Pertanian Ibu Najla Lubis, ST., M.Si

Hadir dalam seminar tersebut Ka. Prodi Agroekoteknologi Ismail D, SP., Ka.Prodi Peternakan Andhika Putra, S.Pt.,MP ., Pegawai dan Civitas Akademika UNPAB. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas pembangunan Panca Budi (Unpab) yang diwakili oleh Dekan Fakultas Pertanian Ibu Najla Lubis, S.T, M.Si.

Dekan Fakultas Pertanian UNPAB Ibu Najla Lubis, S.T, M.Si mengatakan, “kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus semoga mahasiswa dapat mengikuti kegiatan sampai selesai dan mengambil ilmunya. Aren merupakan tanaman istimewa, semua unsur dari tanaman ini bisa dimanfaatkan dengan baik mulai dari akar hingga ujung daun. Akar aren sendiri, sangat baik mengikat struktur tanah walaupun aren tergolong tanaman palma dan memiliki akar serabut.



SILAHKAN BERTANYA