ROMBONGAN MAHASISWA FEB UNPAB MENGUNJUNGI KEMENTERIAN PERDAGANGAN DAN INDUSTRI INTERNASIONAL MALAYSIA

Medan-UNPAB: Guna memperdalam kajian matakuliah Ekonomi Bisnis Internasional, maka pada tanggal 22 – 24 November 2016 sebanyak 30 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, di bawah bimbingan dosen Bapak Dr. H. Henry Aspan, S.E., S.H., M.A., M.H., melakukan kegiatan studi wisata ke Kuala Lumpur Malayasia dan berkunjung ke  kantor pusat Malaysia External Trade Development Corporation (MaTrade) Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia guna mendengarkan kuliah umum dengan topik “The Future Prospect of Trade Between Malaysia and Indonesia”. Kuliah umum ini disampaikan langsung oleh Dato’ Raja Badrulnizam Raja Kamalzaman selaku Director of ASEAN Unit of Market Access and International Partnership Division of MaTrade. Pada kesempatan tersebut Dr. Henry Aspan selaku akademisi juga diminta pula untuk menyampaikan pidato ilmiahnya guna menjelaskan tentang kondisi perdagangan antara Malaysia dan Indonesia saat ini.

 

Setelah acara kuliah umum selesai, rombongan dari Panca Budi diajak untuk makan siang bersama, lalu mengunjungi MalaysiaExport Exhibition Center. Kegiatan kunjungan ke kantor pusat MaTrade ini kemudian ditutup dengan acara tukar-menukar cindera mata, berfoto bersama, serta pemasangan ulos (mengulosi) oleh mahasiswa Panca Budi, Bapak Mukhtar Pinem, kepada kepala perwakilan dari MaTrade yang menandakan bahwa teman-teman di MaTrade sudah dianggap saudara oleh keluarga besar Panca Budi.

 

Selain mengunjungi Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia, rombongan mahasiswa Panca Budi juga diajak untuk mengunjungi berbagai obyek wisata terkenal di Malaysia, seperti komplek Menara Kembar (KLCC Twin Tower), kuil Batu Caves, dan resort wisata Genting Highlands. Satu hal yang unik dalam kegiatan studi wisata ini adalah bahwa para mahasiswa tidak menggunakan bus pariwisata sebagai alat transportasi, melainkan menggunakan berbagai macam moda transportasi umum yang tersedia di Kuala Lumpur, antara lain bus Rapil KL dan GoKL, taxi, kereta api, LRT, commuter line, dan monorail. Hal ini memang disengaja oleh dosen pembimbing Dr. Henry Aspan, agar mahasiswa dapat belajar bagaimana sistem transportasi di negara-negara maju, yaitu memenuhi persyaratan jumlahnya cukup, murah, cepat, nyaman, terjadwal, dan terintegrasi.

 

Ketika ditanya kesan-kesannya, para mahasiswa menyatakan sangat puas dan menilai bahwa kegiatan studi wisata ini sangat bermanfaat untuk studi mereka. Mereka pun berharap agar kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan Panca Budi sebagai universitas swasta nomor satu di Sumatera Utara saat ini.



SILAHKAN BERTANYA